7 Lagu Patah Hati yang Bisa Menusuk Sampai Relung Sanubari!

lagu patah hati
Tulisan ini nampaknya saya khususkan buat kamu, kaum teenager. Kaum yang rata-rata memang sedang pada zona rasa cinta. Baik yang sedang mengalami jatuh cinta, ataupun yang sedang patah hatinya.

Ngomongin patah hati, Ruang eNIeR punya daftar lagunya, yang dijamin bisa sampai menusuk sanubari. Lagu-lagu ini siap menemanimu, menyelam pada tingkat terdalam rasa sakit. Mau tahu? Mari kita masuk.

1. Asal Kau Bahagia - Armada


Sehebat apapun kamu mempertahankan, jika ia sudah tak bahagia, kamu mau apa? Maka sudahlah, jalan terbaik agar dia tetap bahagia adalah dengan melepasnya. Jangan mematahkan hatimu sendiri, dengan hubungan yang sudah seharusnya berakhir.

2. Buka Hatimu - Armada


Sebelum lagu asal kau bahagia rilis, Armada sesungguhnya telah mewakili berbagai jenis patah hati di lagunya. Salah satunya lagu yang berjudul "buka hatimu" ini.

Tidak dianggap memang sakit ya, anak muda? Melakukan segala hal, meluangkan banyak waktu untuknya padahal sedang sibuk, mengantar pulang pergi, menemaninya mengobrol, sampai curhat, tapi ujung-ujungnya dia tidak pernah peka. Atau mungkin sudah tahu (tentang perasaanmu), tapi ia tidak mau peduli.

3. Perlahan - Andri Priyanta (Cover by Woro Widowati)


Lagu perlahan by Andri Priyanta ini, saya dapatkan dari acara TV variety show, yang berjudul I Can See Your Voice di MNCTV.

Lagu ini pada awalnya benar-benar enak dan mendayu. Namun di pertengahan lagu, ekspektasi saya jadi membuyar. Karena ternyata lagu ini malah dijadikan koplo. Dan memang, lagu aslinya koplo juga.

Karena lagu ini terlalu berlebihan jika dijadikan koplo (menurut saya), maka saya carilah versi cover-nya di YouTube. Setelah sedikit scroll, pilihan saya jatuh pada cover Woro Widowati. Sesuai ekspektasi kalau yang ini. Coba deh, dengarkan sembari membayangkan ia yang perlahan menjauhimu.

4. Benci untuk Mencinta - Naif


Dari penjiwaan alunan musik, dan suara vokal khas bang David, lagu ini sebenarnya cocok sekali didengarkan semua kalangan. Bukan hanya remaja saja.

Meskipun liriknya sederhana, namun kedua aspek di atas bisa membuat lagu ini jadi mewah dan tidak kacangan atau kasarnya, alay. Kamu masih bisa galau, namun masih tetap tegas dan tegar.

5. Menunggu Pagi - Peterpan


Kamu harus belajar menafsirkan bait-bait lagu terlebih dulu, sebelum memulai menikmati patah hati dalam lagu Peterpan ini. Liriknya lumayan susah dimaknai sebagai lagu galau. Tapi serius, menunggu pagi sangat menyiksa, bila kita terus dikerumuni gelap malam.

6. Berhenti Berharap - Sheila On 7


Sebelum era Armada tiba, Sheila On 7 sudah lebih dulu saya nobatkan sebagai raja lagu-lagu cinta. Setiap lagu cinta yang dibawakan bang Duta dan kawan-kawan, selalu berhasil mengaduk-aduk perasaan pendengar.

Berhenti berharap ini adalah salah satu contoh terbaik lagu patah hati. Tidak perlu lirik yang terlalu jujur, yang justru terkesan memuakkan. Cukup mengolah kata sedikit misterius, untuk menusuk hatimu yang siap terbius.

7. Jalan Terbaik - Seventeen


Lagu ini sempat muncul ke permukaan kembali, pasca kejadian nahas yang menimpa grup band Seventeen. Semua personil, kecuali sang vokalis, hanyut dan kehilangan nyawa. Lebih sedihnya, istri Bang Ivan juga harus ikut tercatat sebagai korban meninggal.

Jalan terbaik, adalah salah satu perumpamaan terhalus untuk mewakili patah hati. Tidak ada patah hati yang bisa diobati dengan dua kata itu. Sakit, tetaplah sakit.

Bagaimana anak muda? Apakah kamu menemukan feel yang tepat di salah satu dari 7 lagu patah hati di atas? Semoga kamu bisa menemukannya. Jika belum, silakan tulis saja isi relung sanubarimu di kolom komentar. Siapa tahu saya punya lagu yang cocok untukmu. Tetap membaik, walau jiwa sedang tidak baik. Bye.

17 Komentar

Kamu punya tanggapan? Kirim saja melalui komentar di bawah ini, ya!
*Dilarang spam, mencantumkan link, dan melanggar aturan lainnya.

  1. Lagu galau emang paling asik buat merasapi rasa ya 🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali kak Rani. Apalagi pas sore, sedang hujan. Makjleb. 😁

      Hapus
  2. Tapi versi sya, nggak ada satu pun yg masuk.. 😁😁😋

    Kalau versi sya, ini listnya:

    1. Khayal dan tangis - elly sunarya
    2. Nasib bunga - noer halimah
    3. Di sini menunggu - uks
    4. Dimana kau ada - ratu
    5. Selamat jalan - tipe x
    6. Di saat aku mencintaimu - dadali
    7. Tanpa kekasihku - agnes monica

    *ini all time and all genre ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari semua playlist-nya, saya cuma tahu yang nomor 5 dan 7. Harus dicek satu" nih, apakah bisa memberi kegalauan yang jauh lebih dalam? Ataukah tidak. 😅
      Makasih playlistnya Mas.

      Hapus
    2. Nomor 6 nggak tahu? Padahal itu lagu paling muda secara usia lho (rilis sekitar tahun 2010an). Emang nggak terlalu booming sih, Tpi banyak yg suka jga sama lagu ini termasuk sya.. 😊

      Wajar kalau mas nggak banyak tahu, coz ada lagu tahun 1980an dan 1990an jga.. Hehe

      Itu yg masuk list, baru yg sya ingat doang. Sisanya mungkin bsa lebih.. 😂

      Apalagi sya anak generasi 80-90an yg lahir dan besar di era2 lagu pop cengeng merajalela. So, list di atas itu bsa jadi belum seberapa.. Haha

      Hapus
    3. Haha jadi malu saya. Tapi emang saya gak terlalu up to date soal musik sih, pas tahun itu. Lebih milih" mana yang bagus di kuping saya. 😅
      Justru saya ngerasa tahun 80-90an lagunya bagus" mas. Kayak gak ngasal bikin lirik. Kebanyakan puitis semua.

      Hapus
    4. Biasa aja mas, nggak usah merasa malu. Sya malah baru tahu, kalau mas jga merasa faham soal musik kita di era itu.. 😁

      Sya jga nggak begitu tahu dan ngerti banget soal dunia musik. Ya cuma sbg pendengar dan penikmat sejati sja..

      Kalau pun sya banyak tahu, mungkin ingatan sya yg tajam.. 😆😆😁

      Hapus
  3. Wahh.. Mas NIR ngajakin melow nih, nyender ahh. Sesuai dengan isi blog ku uga kebanyakan melow gara-gara mantan. Lagu-lagunya aku kenal, cuma lagunya peterpan, naif, seventeen yang ga kenal, mungkin kurang boom aja jadi kurang tahu. Hehehe

    Btw, artikel lomba blogku udah jadi mas, mohon di cek dong! Mungkin ada yang harus aku revisi.

    Selamat siang mas, semangat nulis buat jadi pemenang, jangan berharap menjadi pemenang tapi melupakan karya tulisan.
    Asek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan kurang boom mas, tapi emang lagu-lagu itu udah lama rilisnya. Old banget lah. Haha.
      Oke, nanti saya cek mas. Tapi gak bakalan ngoreksi, soalnya tulisan saya juga banyak koreksian. He.

      Hapus
    2. Old banget tapi belum seumur saya mas. Lw Slank itu seumuran saya tuh berdirinya. Malah aku belum lahir kali dikala Slank udah berdiri. Hehehe

      Siap2 mas. Mas NIR mah suka begitu. Padahal tulisannya bagus-bagus n keren-keren.

      Lanjutkan mas! 👍👍👍💪💪💪

      Hapus
    3. Saya juga pas denger lagu-lagu itu pas masih kecil banget. Kebetulan memang kakak pertama saya suka beli kaset band" tersebut. Alhasil saya jadi ikutan denger dan jadi tahu.
      Haha aamiin mas, saling koreksi aja kalau ada yang salahmah, gak apa".

      Hapus
    4. Lw saya dulu ngeblog pas SMA sambil download in lagu or gambar artis yang saya suka. Masih ingat banget itu kebiasaan lama yang saya kira hampir semua gt. Gambar dijadiin wallpaper, lagu dijadiin ringtone hp lw dapat telpon dll hahah saya bernostalgia mas.

      Siap2 mas. Namanya kita berpendapat lw dikoreksi orang itu wajar, karena pendapat kita belum tentu benar. Masih benar saja masih dikoreksi dicari yang salah wkwk (sok bijak) hehehe

      Hapus
  4. setuju yang armada...pas bener tuh
    kalau mau lebih syahdu lagi, tambahan list dariku nih kak nandar :

    walau habis terang (noah or peterpan)
    hari yang cerah untuk jiwa yang sepi (noah or peterpan)
    melepasmu (drive)
    selalu ada, Blackout
    jika itu yang terbaik, ungu
    seperti kekasihku, padi
    elang, dewa 19
    roman picisan, dewa 19
    puisi, jikustik...
    rindu, agnes monica


    ntar sambil nginget nginget kalau nemu lagi hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak sekali list lagu galaunya mbak Gus. Curiga suka galau tiap hari ini. 😅
      Siap, ditunggu.

      Hapus
    2. Wah, itu bagian dari lagu koleksi ku kak Tiwi. Pokok band Indonesia hampir semua punya lagunya. Dulu ribuan koleksi lagu saya.

      Tapi lw aku dulu fans banget sama Bondan Prakoso & Fase 2 Black tuh mbak, semua lagunya punya n hampir tiap hari aku dengerin. Soalnya lagunya mengena banget dihati n banyak uga yang memotivasi diri. Tapi sayang, mereka sudah tak bersama lagi. So, masih ikutin lagu mereka masing-masing.

      Hapus
  5. Kalau versi saya ini
    1. Sayang - Supernova
    2. Aku dan Dia - Adista
    3. Dewa - Pupus

    Disarankan mendengarkan pada malam hari, huhu

    BalasHapus
  6. Sayang, sama Aku dan Dia, belum pernah denger nih saya. Makasih referensinya mbak.
    Kalau saya denger musik galau malam hari, suka ketiduran mbak. 😂

    BalasHapus

Posting Komentar

Kamu punya tanggapan? Kirim saja melalui komentar di bawah ini, ya!
*Dilarang spam, mencantumkan link, dan melanggar aturan lainnya.

Lebih baru Lebih lama