Zootopia, Ketika Kedamaian Kota Terancam Hewan Pemangsa

zootopia

Zootopia menjadi film Disney ketiga yang saya riviu, setelah film Flora and Ulysess dan The Good Dinosaur. Bercerita tentang seekor kelinci berpangkat polisi, film ini bisa menjadi salah satu pilihan tontonan terbaik, jika kamu belum menontonnya. Selain punya banyak segudang adegan kocak, Zootopia juga punya pesan bagus untuk anak yang punya mimpi besar.

Zootopia dirilis pada tahun 2016, yang disutradarai oleh Byron Howard dan Rich Moore, dengan produser Clark Spencer. Zootopia dibintangi oleh suara suara Ginnifer Goodwin, Jason Bateman, Idris Elba, Jenny Slate, Nate Torrence, Bonnie Hunt, Don Lake, Tommy Chong, J. K. Simmons, Octavia Spencer, Alan Tudyk, hingga Shakira. Selain berperan sebagai Gazelle, lagu original film ini, yang berjudul "Try Everything" juga diisi oleh suara merdu Shakira.

Dilihat dari jajaran sutradara, produser, hingga pengisi suara, Zootopia memanglah sangat menjanjikan. Mau tahu bagaimana ulasan soal film ini? Oke, mari kita masuk!

Abstrak

sinopsis zootopia
Walt Disney Studios
Sejak kecil, Judy Hopps sudah sangat berambisi dengan impiannya menjadi polisi. Meskipun banyak diremehkan hewan lain, bahkan sedikit ditentang ayah ibunya, Judy tetap optimistis dengan mimpinya itu. Kelinci itu sangat yakin, bahwa ia akan menjadi polisi kelinci pertama di Zootopia.

Bagi yang ingin tahu, Zootopia adalah sebuah kota indah dengan berbagai macam jenis hewan, dari hewan kecil, besar, jinak, hingga buas. Di sana, kebebasan memilih kehidupan yang diinginkan sangatlah dihargai dan dilegalkan. Asalkan tidak mengganggu kedamaian kota saja. Mirip-mirip negeri Paman Sam, lah.

Kembali lagi ke cerita karakter utama Zootopia, Judy Hopps berjuang keras demi mendapatkan titelnya sebagai polisi. Setiap ujian yang diberikan akademi polisi Zootropolis, dilaluinya meski harus berulang kali menghadapi kegagalan. Usahanya membawakan hasil, ia dinobatkan sebagai lulusan terbaik di kelasnya dan menjadi polisi kelinci pertama di ZPD (Zootopia Police Department).

Sebagai polisi di Zootopia, ia akhirnya terpaksa harus meninggalkan kampung halaman beserta kedua orang tuanya. Hopps harus menjadi wanita mandiri dan pemberani layaknya seorang polisi.

Di Zootopia, Ia tinggal di sebuah kontrakan kecil, dengan dua tetangga kembar yang sering kali ribut setiap harinya. Takada siapapun yang menemaninya, kecuali sebauh tape yang sering ia nyalakan.

Harapannya menjadi seorang polisi pemberantas kejahatan, sempat terkubur. Pada tugas pertamanya yang diberikan Chief Bogo, ia yang sudah jelas dinyatakan sebagai lulusan terbaik, harus bertugas sebagai petugas parkir saja. Hal ini sempat membuat officer Hopps mengeluh dengan kerja kerasnya saat berada di akademi.

Namun bukan Hopps yang tegar, jika tidak menyelesaikan masalah dengan suasana positif. Kelinci itu menjalankan tugasnya dengan semangat dan penuh pengabdian. Setiap mobil yang parkir melebihi batas masa berlaku, disisipkan kertas tilang. Bahkan ia tetap menilang mobil dinasnya sendiri, yang juga melanggar batasan waktu. Polisi yang jarang kita lihat di negeri sendiri. Oh maaf, saya lupa ini hanya ada di negeri binatang.

Ia terlihat sangat baik dalam menjalankan tugasnya. Bukan hanya dalam pekerjaannya, Hopps juga siap membantu siapapun yang kesulitan. Terbukti ketika seekor rubah bernama Nick Wilde dan anaknya, memelas ingin membeli Jumbo Pop. Judy yang kasian karena si pemilik toko menolak keinginan Nick, berusaha membantu dengan sedikit mengancam. Ia tahu bahwa proses pembuatan eskrim di sana tidaklah higienis. Untunglah, ancaman itu ampuh dan merekapun berhasil mendapatkan Jumbo Pop, yang dibayarkan Judy Hopps. Ia tidak tahu bahwa mereka berdua adalah dua penipu yang licik.

Suatu hari, officer Judy Hopps mulai jenuh dengan tugasnya sebagai tukang tilang. Apalagi mengetahui bahwa beberapa warga Zootopia yang ia tilang, membenci kinerjanya yang bagus. Seperti itulah jadi warga biasa, selalu tidak mau mematuhi aturan. Giliran polisi malas, langsung berkoar-koar soal kinerja. Hopps mengeluh dengan impiannya sendiri.

Di tengah keluhannya di dalam mobil, Judy dikagetkan oleh seekor babi yang tokonya dirampok musang. Tanpa aba-aba, instingnya sebagai polisi, langsung mengejar si musang bernama Duke Weaselton itu. Namun, meski Duke berhasil ditangkap, Chief Bogo tetap menganggapnya salah. Sebab ia dianggap lalai dengan tugasnya sebagai tukang tilang. Judy terancam dikeluarkan dari Zootopia Police Department.

Nasib buruknya hampir saja berkelanjutan, jika nyonya Otterton tidak memaksa masuk ke ruang dinas Chief Bogo. Nyonya Otterton ingin sekali ZPD menemukan suaminya yang telah lama menghilang. Seperti jadi kesempatan emas, Judy Hopps kemudian mengajukan dirinya. Chief Bogo sempat mengabaikan usahanya itu, namun dengan sedikit terpaksa Chief Bogo menyetujuinya. Dengan syarat, Judy harus bisa menemukan Tuan Otterton dalam waktu 48 jam atau hanya dua hari saja.

Karena ia akhirnya sudah tahu bahwa Nick Wilde adalah rubah licik, dan terlibat secara tidak langsung dengan hilangnya Tuan Otterton, Judy lalu menyuruhnya untuk membantu kasus tersebut. Jika tidak, Judy akan mengirimnya ke penjara dengan banyaknya bukti yang telah ia rekam secara sembunyi-sembunyi, ketika mereka sedang bertengkar hebat. Nickpun terpaksa mengikuti keingin si kelinci pintar itu.

Lama-lama mereka berdua semakin kompak, memecahkan kasus besar pertama officer Hopps. Terlebih saat mereka mulai mengetahui bahwa kasus sederhana itu, ternyata semakin meruncing, sampai bakal mengancam tatanan kota Zootopia jika tidak segera dibereskan.

Mampukah Judy Hopps dan Nick Wilde memecahkan kasus tersebut? Tonton selengkapnya di Disney+ Hotstar. Seperti biasa.

Plus (+)

review zootopia
Walt Disney Studios
● Plur cerita terfavorit kedua setelah Toy Story 3

Secara pribadi saya memang sangat suka dengan alur cerita yang tak biasa, apalagi banyak plot yang tak terduga. Di film Zootopia, plot twist yang disajikan cukup mengagetkan, meski dibumbui unsur komedi yang untungnya lucu.

Selain itu, tema petualangan memberantas kejahatan juga sangat menegangkan untuk diikuti. Saat menonton, kamu akan bertemu beberapa karakter-karakter seperti mafia berdarah dingin, sang penipu cerdik, hingga karakter hewan buas lainnya. Termasuk yang sudah dibahas tadi, plot twist yang tidak pernah kamu sangka.

● Kumpulan komedi segar, hingga dijadikan meme di internet

Buat kamu yang pernah menemukan meme kungkang berdasi, itu merupakan potongan adegan dari Zootopia. Namanya Flash. Pada adegan mencari informasi melalui Flash, Judy sangat kewalahan dengan kinerja Flash yang sangat-sangat lambat. Dan ya, adegan tersebut menjadi salah satu komedi favorit saya. Ironi yang disisipkan menjadi kelucuan tersendiri pada scene ini. Kamu wajib menontonnya.

Selain pada adegan tersebut, unsur komedi lain juga dieksekusi dengan sangat cerdas. Beberapa komedi di sana bahkan siap menyindir kita, sebagai umat manusia. Kebebasan dalam menjalani hidup di dunia manusia, seolah menjadi komedi yang lucu di film Zootopia. Maka saran saya, jangan baperan kalau mau menonton ini.

● Isu perbedaan SARA jadi poin plus utama di film Zootopia

Memang tidak ada isu SARA secara eksplisit soal perbedaan warna kulit, agama, suku, di film zootopia ini. Namun dalam konflik utamanya, Zootropilis diisukan terancam tidak lagi bisa damai, sebab beberapa hewan buas yang kembali bersikap sesuai dengan naluri alamiahnya. Beberapa hewan pemangsa yang sebenarnya masih menjadi hewan yang tenang, dijauhi hewan lain yang ketakutan akibat isu tersebut yang semakin runyam.

Hal ini seolah mewakili isu SARA yang selama ini selalu dianggap jahat dan mengancam kedamaian dunia. Padahal pada kenyataannya isu perbedaan tersebut, hanyalah bentuk propaganda. Isu SARA rusak, akibat oknum yang hanya segelintir saja, tidak semua.

Sinematografi dan tata kota Zootopia yang indah

Pada saat memperkenalkan beberapa sudut kota di Zootopia, saya tidak berhenti terkesima melihatnya. Saya seakan terhipnotis dan ikut berada di dalam kereta cepat, bersama Judy. Menikmati keindahan tata kota yang tersusun rapi. Plusnya lagi, lagu "try everything" yang dinyanyikan Shakira, begitu cocok dengan suasana pada adegannya.

Minus (-)

ulasan zootopia
Walt Disney Studios
Minusnya apa ya? Jujur saja saya sulit menemukannya. Hanya sedikit ketidaksesuaian jalan cerita, jika film ini dimaksudkan buat anak-anak. Unsur-nsur yang sebetulnya tidak cocok dikonsumsi anak, semisal mafia, juga "ketelanjangan." Correct me if i'm wrong. Selebihnya, sudah sangat-sangat sempurna bagi saya.

Skala Angka

Film Zootopia layak mendapatkan skala angka 9,3 menurut saya. Sekali lagi, saya sangat suka dengan film petualangan berunsur penyelidikan yang memiliki plot twist yang indah. Meski memiliki gaya komedi di beberapa bagian, hal tersebut sama sekali tidak merusak jalan cerita. Bagaimana menurutmu? Apakah ada aspek yang kurang di film Zootopia? Komentar saja di bawah.

6 Komentar

Kamu punya tanggapan? Kirim saja melalui komentar di bawah ini, ya!
*Dilarang spam, mencantumkan link, dan melanggar aturan lainnya.

  1. aku nonton ini udah lama deh keknya...dan langsung suka, semua karakternya menurutku ada 'ciri khasnya'. Si Rubah yang tadinya licik, di akhir malah jadi kayak sayang banget ama si Judy keinci. padahal kan aslinya kalau menilik sifat rubah atau fox dia itu pembohong dan ga bisa dipercaya...lalu judy akan menangkapnya karena mulanya dia penipu tapi akhirnya mereka bersahabat. Dan malah biang dari segala macam kejahatannya adalah orang terdekat yang tak disangka sangka. Kalau ga salah sekertaris yang berbentuk domba apa ya...aku uda lama banget nontonnya soalnya wkwk

    alu sih paling kesel ama si flash karena dia namanya sih bermakna cepat tapi ampun luambat banget wkwkwkkwk...ini kan binatang kukang ya ? aku suka zootopia karena kayak nonton action thriller sih menurutku...ya cerita polisi di negeri hewan yang macam nonton film detektif2an..

    mana soundtracknya yang nyanyi shakira lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wihh kayaknya udah khatam ya kak. Cerita Zootopia ini emang bagus banget, dan emang karakter" di dalamnya punya kepentingan tersendiri. Kadang Disney suka menghambur"kan karakternya, tapi di sini nggak ada sama sekali.
      Bahkan soundtracknya jadi salah satu yang terbaik di animasi Disney, menurut saya.

      Hapus
  2. Suka sama zootopia punya ciri khas tersendiri yang bisa membedakan dengan kartun lainnya. Walaupun sempat kaget di akhir film ada plottwist yang gak di duga duga.

    Film Zootopia wajib untuk ditonton oleh semua kalangan sebab tidak ada adegan dewasa sama sekali (perkelahian dan pembunuhan yang terlalu berlebihan). Dan sangat banyak pesan moral yang disampaikan namun terfokus kepada diskriminasi seolah secara tidak langsung film ini berkata bahwa pada dasarnya SEMUA RAS HARUS HIDUP BERDAMPINGAN.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya juga kaget, ternyata sang domba yang jadi pengadu domba. Haha

      Bener banget mas, filmnya kaya akan moral dan sangat menyindir kita sebagai manusia. Salah satu film terbaik Disney menurut saya.

      Hapus
    2. Iya betul saya juga merasa film Zootopia film terbaik Disney.

      Hapus
  3. Bener bangett aku terakhir nonton film ini sekitar 5 bulan yang lalu, pas nonton serasa karakter setiap pemainnya itu kek mencerminkan yang aku banget. Jadi serasa kek nonton diri sendiri di film itu, dan yang lumayan menghibur cerita komedinya itu.. Wajib nonton nih!

    BalasHapus

Posting Komentar

Kamu punya tanggapan? Kirim saja melalui komentar di bawah ini, ya!
*Dilarang spam, mencantumkan link, dan melanggar aturan lainnya.

Lebih baru Lebih lama