Masuk Nominasi Indonesia Website Awards 2021

indonesia website awards

Tadi malam, saya iseng buka-buka email. Siapa tahu ada kabar baik yang menunggu. Benar saja, salah satu kabar baik itu, datang dari surel atas nama Indonesia Website Awards. Pada surel itu, saya diberi kabar bahwa Ruang eNIeR lolos seleksi dan otomatis masuk nominasi Indonesia Website Awards 2021, sebagai website personal. Sesuatu yang mengejutkan, mengingat blog ini masih bisa disebut sepi pengunjung.

Kok bisa Ruang eNIeR yang masih punya sedikit pengunjung perhari bisa masuk nominasi?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, izinkan saya mengucapkan terima kasih kepada mbak Kyndaerim yang secara tidak langsung mengenalkan saya pada awards khusus para konten kreator website ini. Melalui tulisannya yang berjudul, Indonesia Website Awards 2020, Semangat Berkarya & Berkreasi, pada akhirnya saya menekadkan diri untuk mendaftarkan website Ruang eNIeR ini. Tujuannya cukup sederhana, saya ingin mengapresiasi diri saya sendiri. Karena sejak awal ngeblog di tahun 2011 lalu (masih SMP), saya kurang begitu peduli dengan perjuangan saya menulis di blog. Maka, inilah saatnya. Ruang eNIeR, kau beruntung.

Pada awalnya saya tidak begitu yakin bisa lolos seleksi para juri. Selain pengunjung blog yang masih sekitar 20-an perhari, saya juga masih merasa insecure dengan tulisan sendiri. Kadang merasa bahwa tulisan saya kurang begitu bagus dan menarik perhatian untuk dibaca sampai akhir. Ditambah, kebanyakan pengunjung baru lebih suka memuji tampilan blog, alih-alih tulisannya. Ya pikir saja, tampilan blog saya ini dibuat oleh orang lain yang sedikit saya modifikasi. Artinya, yang diapresiasi bukannya tulisan saya, justru template buatan orang lain. Walaupun begitu, saya masih sangat bersyukur dengan adanya komentar, sesuai dengan topik tulisan yang sedang saya bahas. Kau tahu, masih ada saja komentar bersifat promosi yang membuat saya jengkel. Atau komentar yang hanya berisi "top", "lanjutkann...", "semangat..." dan antek-anteknya. Saya tidak marah dengan semua itu. Tapi saya, "hmm..." saja.

Segala keresahan itu, tidak langsung membuat saya jadi membatalkan niat mengapresiasi diri. Bermodalkan rasa penasaran yang mengganggu otak kalau tidak dilakukan, maka didaftarkanlah Ruang eNIeR ke Indonesia Website Awards 2021. Lagipula, kriteria penilaian yang dibuat oleh IWA.id sama sekali tidak mencantumkan seberapa banyak pengunjung di blog. Dewan juri hanya menilai dari beberapa hal, yaitu desain, SEO, aksesibilitas, performa, dan tentu saja konten. Syukur, dari lima kriteria tersebut saya mendapat nilai 71.1 dari para dewan juri. Nilai yang melebihi KKM, yang berlaku di sana. Itulah jawaban, mengapa Ruang eNIeR bisa lolos seleksi masuk nominasi. Meski jujur, saya masih khawatir apakah juri lebih tertarik dengan tulisan atau malah tampilannya.

Sebelum pemenang bulanan diumumkan bulan depan, IWA.id memberikan kesempatan untuk para nominator, membagikan kabar baik ini ke sosial media masing-masing. Tujuan utamanya tentu, mengumpulkan vote sebanyak mungkin. Karena selain kategori Site Of The Month, nominator juga berkesempatan memenangkan penghargaan kategori The Public's Favourite Website. Voting terbanyak akan memenangkan kategori tersebut, begitu yang saya kaji, koreksi kalau keliru.

Lantas, bagaimana saya memberikan dukungan untuk Ruang eNIeR? Oke, begini caranya:

1. Niatkan hati karena ingin mengapresiasi, bukan kasian 😁. Lebih baik tidak dianggap sama sekali, kalau hanya sebatas kasian. Kamu harus suka satu atau lebih tulisan Ruang eNIeR dulu, supaya saya tahu sebatas apa perkembangan tulisan saya selama ini

2. Klik link berikut ini: https://www.iwa.id/2020/dec/ruang-enier

3. Login dengan akun Facebook kamu, dengan mengklik ikon "Login to vote" di sudut kanan atas layar kamu

4. Setelah berhasil terdaftar, gulir atau scroll sampai kamu menemukan lingkaran emas yang di bertuliskan "vote" serta simbol hati di tengahnya

5. Klik hatinya, tunggu sampai berubah warna menjadi emas. Kalau belum juga, coba refresh saja halamannya

6. Selesai, dan terima kasih.

Apapun hasilnya nanti, saya sangat berterima kasih kepada para juri Indonesia Website Awards dan kamu yang sudi mampir memberikan hati untuk Ruang eNIeR. Masuk nominasi saja, saya sudah sangat bersyukur. Itu tandanya, saya masih punya peluang besar menggapai mimpi nomor satu saya ini. Sekali lagi, terima kasih and, have a nice day!

1 Komentar

Kamu punya tanggapan? Kirim saja melalui komentar di bawah ini, ya!
*Dilarang spam, mencantumkan link, dan melanggar aturan lainnya.

Posting Komentar

Kamu punya tanggapan? Kirim saja melalui komentar di bawah ini, ya!
*Dilarang spam, mencantumkan link, dan melanggar aturan lainnya.

Lebih baru Lebih lama