5 Musikalisasi Puisi Keren yang Wajib Kamu Dengarkan

Musikalisasi puisi merupakan alih wahana karya puisi menjadi sebuah lagu. Meski masih banyak yang menganggap bahwa membaca puisi yang diiringi musik juga masuk ke dalam kategori ini, sebenarnya hal itu kurang tepat. Maka, 5 musikalisasi puisi keren ini tidak termasuk membaca puisi yang diiringi musik, ya!


Nah, bagi kamu penggemar musikalisasi puisi versi pengertian di atas, maka 5 musikalisasi puisi keren ini wajib kamu dengarkan. Selain enak didengarkan, musikalisasi ini bisa membantu kamu memahami isi puisi yang dimusikalisasi tersebut.


1. SMAN 2 Pati - Negeri Gagap, Karya Bambang Widiatmoko


Musikalisasi puisi yang dibawakan oleh anak-anak SMAN 2 Pati saat sedang mengikuti lomba Musikalisasi Puisi Tingkat SMTA Jawa Tengah tahun 2018 ini, akan membuatmu terbawa merinding. Alunan musik tradisional yang terasa gelap, sangat pas dengan puisi yang juga berisi kritikan pedas. Wajib didengarkan, deh!

2. Diksatrasia UNSIL 2016 (1C) - Kuabadikan, Karya Ratna Ayu Budiarti & Dalam Diriku, Karya Sapardi Djoko Damono


Bolehkan membanggakan almamater sendiri? Soalnya musikalisasi puisi ini memang tercipta dari sebuah pentas ujian prakter di kampus saya. Hehe.

Tapi serius, di luar semua itu, saya sangat suka dengan musikalisasi puisi karya teman-teman sekampus saya ini. Alunan musik yang begitu syahdu dan para pengisi vokal yang ciamik dengan suara indahnya, sangat memadu menjadi sebuah lagu yang bisa membuatmu terbawa suasana cinta di dalamnya. Coba saja dengarkan kalau tidak percaya.

Haduh, jadi teringat masa awal perkuliahan.

3. Intuisi Musik Puisi - Di Negeri Kaya Raya Kita Punya Apa, Karya Bambang Eka Prasetya


Saya merupakan salah satu penggemar grup Intuisi Musik Puisi ini. Karya musikalisasi puisi di akun YouTube resmi mereka, begitu berkualitas dan tentunya bakal menginspirasi otak kritismu. Salah satu musikalisasi favorit saya, ialah yang berjudul "Di Negeri Kaya Raya Kita Punya Apa" ini.

4. Teater O USU - Sajak Putih, Karya Chairil Anwar


Siapa sih yang tidak suka dengan puisi-puisi Pak Chairil Anwar? Rasa-rasanya karya beliau selalu jadi cikal bakal anak-anak mulai menyukai sastra, khususnya puisi.

Buat kamu penggemar puisi Pak Chairil, siap-siap semakin jatuh cinta. Musikalisasi karya anak Teater O USU ini sangat lembut, tenang serta syahdu. Bisa jadi teman sebelum tidur atau saat sedang menulis. Dijamin inspirasi di otakmu akan terbuka lebar.

5. SMAN 6 Purworejo - Negeri Gagap, Karya Bambang Widiatmoko


Sama halnya dengan SMAN 2 Pati, grup musikalisasi puisi ini juga membawakan puisi Negeri Gagap karya Pak Bambang Widiatmoko. Ya, mereka sebetulnya rival di lomba yang sama.

Dua-duanya memiliki warna musik yang sedikit berbeda dengan pemaknaan puisi yang mungkin juga berbeda. Kalau SMAN 2 Pati agak sedikit menggebu-gebu, maka SMAN 6 Purworejo ini lebih kepada kepedihan serta kesedihan. Kamu suka versi yang mana? Kalau saya sih, dua-duanya.

Itulah 5 musikalisasi puisi keren yang wajib kamu dengarkan dan dikoleksi. Selain sebagai teman dikala gabut, karya-karya mereka bisa jadi inspirasi kamu. Entah saat menulis ataupun membuat musikalisasi puisi juga.

Komentar

Kamu punya tanggapan? Kirim saja melalui komentar di bawah ini, ya!
*Dilarang spam, mencantumkan link, dan melanggar aturan lainnya.

Lebih baru Lebih lama