7 Lagu Nuansa Gelap Terbaik Karya Penyanyi Indonesia, Bikin Jiwamu Meronta-ronta!

Lagu gelap indonesia, lagu dark, YouTube/F2Bondan

Lagu dengan nuansa gelap biasanya hanya dimiliki oleh musisi luar, seperti di Amerika dan Inggris misalnya. Siapa yang tidak tahu Billie Eilish atau Melanie Martinez? Mereka merupakan salah satu dari banyaknya musisi luar yang sering kali menghadirkan lagu bernuansa gelap.

Tapi tahukah kamu, penyanyi Indonesia pun sebenarnya memiliki lagu bernuansa gelap yang tak kalah bikin merinding. Sayangnya, lagu-lagu tersebut tidak terekspos terlalu luas. Maklum, lagu cinta masih sedang jayanya sekarang.

Tanpa berlama-lama, inilah 7 lagu bernuansa gelap karya penyanyi Indonesia, bikin jiwamu meronta-ronta.

Mari kita masuk!

1. Simfoni Hitam - Sherina Munaf


Saat mendengar secara penuh, lagu ini memang bertema cinta. Tentang seseorang yang mempertanyakan rasa cinta pada kekasihnya.

Yang membuat lagu ini masuk daftar lagu bernuansa gelap, apalagi kalau bukan simfoninya.

Sejak detik pertama, kamu tentu sudah dibuat merinding bukan? Ketukan dari alat musiknya begitu brilian, membuat jiwa gelapmu keluar.

Makna yang disampaikan dalam lagu ini juga tak main-main. Lagu ini seolah menggambarkan betapa cintanya sangat besar sampai memberikan segalanya. Yap, segalanya. Kamu tahu maksudku, kan?

2. Sheila On 7 - Sephia


Sheila On 7 bisa dibilang sebagai rajanya lagu romantis di Indonesia. Bukan hanya enak didengar, tapi liriknya juga puitis. Tak dipungkiri, sebagian besar lagunya sangat memorable ditelinga kita.

Bagaimana dengan lagu Sephia?

Sebetulnya lagu ini tidak terlalu gelap jika didengarkan. Hanya tentang seorang lelaki yang memiliki kekasih gelap atau selingkuhan.

Lalu, apa yang membuat lagu ini menjadi gelap? Ialah cerita atau latar belakang dibalik pembuatannya.

Beredar kabar bahwa sang pencipta lagu ini, Eross Candra, sempat mendapat panggilan misterius dari seorang wanita. Ia mengaku sebagai fans berat Sheila On 7.

Eross pun bertanya darimana ia mendapat nomor telepon rumahnya. Sang wanita misterius itu mengatakan bahwa ia mendapatkannya dari seorang fans lainnya. Wanita itu juga mengatakan bahwa ia sedang berada di telepon umum dekat rumah Eross. Ia menyebut namanya, Sephia.

Eross pun mengeceknya keluar. Kamu tahu? Tidak ada siapa-siapa di sana. Hanya terdapat gagang telepon yang menggantung seolah pernah digunakan sebelumnya.

Konon kabarnya, Eross menuliskan nama Sephia di gitarnya sebagai penghormatan untuk sang wanita misterius.

Meski sebetulnya Eross sudah mengatakan bahwa itu bohong belaka, namun ceritanya sudah menjadi urban legend yang cukup menarik pada masanya.

3. Isyana Sarasvati - Untuk Hati yang Terluka


Lagu ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menikmati jiwa mental illness dan anxiety disorder-mu. Karena memang maknanya sangat mewakili kalian semua.

Lirik dalam lagu ini tidak akan membuat mentalmu memburuk. Justru kalimat-kalimatnya mengajarkanmu untuk bisa sedikit bangun dari keterpurukan, meski kamu tak bisa menghilangkan itu sepenuhnya.

4. Peterpan - Membebaniku


Sebelum dua personil mereka keluar dan mengubah nama band ini menjadi Noah, Peterpan bisa dibilang rajin membuat lagu-lagu rumit juga benuansa gelap. Salah satunya adalah lagu yang judul membebaniku.

Lagu ini juga sangat cocok untuk kamu yang mempunyai mental sering kacau. Liriknya akan membawamu pada tempat paling sepi dan menyuruhmu untuk tenang. Membiarkan bebanmu terkumpul dan sedikit demi sedikit menghilang melalui tangisan.

5. Peterpan - Tak Ada yang Abadi


Dari judulnya saja sudah cukup menggambarkan nuansa gelap. Apalagi lirik-liriknya. Salah satu lagu bernuansa gelap yang memiliki paket lengkap.

Mulai dari lirik lagunya, musik pengiring, hingga video klipnya kental dengan nuansa gelap. Coba kamu tonton saja di YouTube, pasti kamu satu pemikiran denganku. Nggak bakalan nyesel!

6. Dekat - Mana Dusta, Mana Nyata


Mana dusta, mana nyata menceritakan tentang kebohongan yang sudah tercampur dengan kenyataan yang sebenarnya. Sungguh sangat relate dengan keadaan sekarang ini. Atau mungkin, Dekat memang sengaja menyindir manusia zaman ini? Hmm...

Grup Dekat ini tidak hanya menciptakan satu lagu bernuansa gelap ini saja. Cukup banyak sebenarnya. Kamu tinggal cari saja di YouTube. Buat lagu-lagu mereka naik daun, karena mereka berhak. Lagu-lagunya pun bisa menyaingi musisi luar.

7. Bondan Prakoso and Fade 2 Black - Manusia Sejuta Perkara


Inilah lagu bernuansa gelap terbaik Indonesia sepanjang masa, versi Ruang eNIeR.

Entahlah apa alasan kongkretnya, tapi ketika kamu mendengarkan lagu ini, kamu akan merasakan bahwa dunia ini sedang tidak baik-baik saja. Penuh dengan intrik, illuminati, kebohongan, kelicikan, dan kejahatan lainnya.

Kamu sebetulnya tahu, tapi kamu takut untuk bicara. Bukan begitu?

Nah, bagaimana dengan rekomendasi lagu bernuansa gelap karya penyanyi Indonesia di atas? Keren, kan?

Lagu-lagu di atas sebetulnya hanya beberapa dari puluhan lagu nuansa gelap karya asli musisi Indonesia. Sayangnya, selera masyarakat khususnya anak muda, sedang dalam masa mode budak cinta.

Butuh waktu lama untuk bisa memperkenalkan mereka pada genre yang lebih menggambarkan dunia. Beruntunglah kamu, yang suka dengan lagu-lagu jenis ini.

Itu saja untuk hari ini, semoga kamu menikmatinya. Jangan lupa ikuti berbagai sosial media Ruang eNIeR agar kamu bisa tahu tulisan terbaru di blog ini. Sampai jumpa di kesepmatan yang lebih seru lainnya.

Komentar

Kamu punya tanggapan? Kirim saja melalui komentar di bawah ini, ya!
*Dilarang spam, mencantumkan link, dan melanggar aturan lainnya.

Lebih baru Lebih lama